Biasakan 8 Hal Ini Teman, Sukses Akan Menjemput ke Mana pun Kamu Bersembunyi

Sukses, apa yang rekan-rekan bayangkan jika ada yang membisikkan kata ini? Barangkali yang terlintas dalam pikiran kita adalah memiliki segalanya, punya mobil, cewe yang berparas salju bak bidadari yang baru turun dari istananya, memiliki rumah yang akan membuat sesat siapa saja yang masuk, mempunyai perusahaan yang menggurita. 

Itu ada benarnya juga, namun yang pasti definisi sukses itu tergantung kepada perspektif kita masing- masing. Kesuksesan juga kerap berhubungan dengan kebiasaan, akan tetapi juga tak lepas kaitannya dengan keberuntungan. 


Ada satu hal yang harus kita garisbawahi, dalam dunia ini orang yang beruntung pun sangat menjamur ada di sana-sini, tapi jika tidak terbiasa sukses akan mudah kembali kepada kondisi semula, berbeda kasusnya dengan orang yang telah terbiasa sukses, ketika ia terkulai, maka dengan mudah ia akan kembali menemukan jalan sukses layaknya orang menemukan jalan terjal.

Kami yakin dari sekian banyak rekan-rekan yang membaca Habaportal, mungkin secara sengaja atau tidak pasti pernah mendengar kata pepatah ini, “Orang yang punya dasar sukses akan sulit jadi orang gagal, begitu juga kebalikannya."

Satu lagi yang harus sobat simpan dalam memori, semua orang sukses punya kebiasaan yang hampir serupa, dan hal ini begitu jarang dilakukan oleh kebanyakan orang-orang lain di luar sana, oleh karena demikian angka orang sukses lebih sedikit dibanding dengan jumlah orang yang biasa-biasa saja.

Ok mungkin sobat sudah tidak sabar lagi menunggu, sekarang mari sama-sama kita intip 8 kebiasaan yang dilakkukan orang sukses!

1. bangun pagi lebih awal

Orang sukses paling pantang bangun jam 10.00 atau saat mentari mulai menyelinap masuk dalam kamarnya, sebelum cahaya kuning keemasan keluar dari peraduannya mereka sudah terlebih dahulu beranjak dari kasur empuknya.

Mereka mampu melakukan hal-hal yang produktif, cepat beranjak dari tempat tidur juga memiliki waktu yang banyak pula dibandingkan dengan orang yang asyik menikmati tidur. Mereka juga lebih siap dalam melaksanakan aktivitasnya, dan tentunya dapat berfikir lebih jernih di setiap kerjanya, alasannya orang yang bangun pagi bisa melakukan prepare untuk aktivitas seharian. 

2. Berfikir positif

Rata-rata orang sukses biasanya memiliki sudut pandang yang berbeda dengan kebanyakan orang, mereka mampu memaksimalkan indera penghayatan untuk meneropong lebih jauh ke depan, di saat itu pula semua orang akan mengeluarkan kata-kata” Itu adalah musibah.”

Namun dalam benak orang sukses terlintas, “Ini merupakan ujian,” di kala yang lain menganggap itu adalah beban, jiwa sukses akan mengatakan itu ini adalah tantangan, di saat yang lain saling menyalahkan satu sama lain, benih sukses  akan kembali berkata bahwa itu tanggung jawab saya, orang hebat tak akan bersembunyi dari bertanggung jawab.

Seperti demikianlah jiwa sukses, mereka akan mencari hal positif, tak peduli apa pun yang harus dihadapinya, mereka lebih tenang dan juga arif. Selalu bercermin apa kesalahan mereka dan itu akan senantiasa di-inprov-nya dengan seiring bergulirnya waktu, mereka tak seperti kebanyakan orang yang hanya bisa melihat semut di seberang laut, sedangkan gajah di kelopak matanya tidak nampak.

3. Menjaga kesehatan tetap fit, supaya lebih efektif dalam mencari kesuksesan

Sejak dari sekolah dasar (SD) kita sudah dibisikkan oleh guru, bahwa orang sehat bisa melakukan banyak hal daripada orang yang sedang  sakit, mereka juga bisa berfikir jernih dibandingkan dengan orang yang sakit, punya stamina yang lebih kuat, mereka senantiasa menjaga kebugaran tubuhnya dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan yang tak kalahnya mereka tidak luput dari kegiatan olahraga.

Tidak mencicipi narkoba yang dapat merusak tubuhnya, makanan instan, tidur pagi, dan lain-lain. Mereka akan melakukan aktivitasnya dengan semangat yang membara, karena mereka terus menjaga tubuhnya agar bisa memperjuangkan masa depan yang cerah lagi gemilang. 

4. Bercita-cita tinggi

Hm... kami yakin kalau sobat sering mendengar atau membaca, bahwa orang yang tidak berani atau bahkan tak terbayangkan ke situ akan sulit diproyeksikan bisa menjadi besar, karena mereka tak ada mental orang besar, untuk menjadi orang besar itu hanya sebatas mimpi saja atau hanya cerita di warung kopi saja.

Mereka akan lari terbirit-birit, takut dengan hal besar yang ada di hadapannya, oleh karena itu, cita-cita setinggi langit akan membentuk mental yang tinggi pula, sehingga ketika hal itu terjadi mereka sudah tidak gemetar lagi karena hal itulah yang di impikan, mereka akan berjuang semampunya guna menggapai cita-citanya setinggi angkasa.

5. Menjaga hubungan baik dengan semua orang

Dalam Agama Islam, menjaga tali silaturrahmi adalah hal yang wajib. Bukan tanpa alasan agama mengatakan demikian, karena semua kita ini adalah makhluk sosial, termasuk admin Habaportal, dan yang bukan jadi bahan perdebatan lagi hidup kita akan dikelilingi oleh banyak orang, seperti keluarga, sahabat, rekan, pacar dan lain-lain.

Semua rizqi dan uang itu bermuara dari jalinan ini, jika hubungan tenteram, maka kondisi dompet kita akan bagus dan seimbang, karena jalur uang dan kebahagiaan itu berasal dari hubungan, baik itu hubungan kekeluargaan, konsumen ataupun teman, apabila tali hubungan kita tidak amanah, maka sumber kehidupan kita juga akan ikut serta.

6. Fokus

Sejak Zaman Nabi Adam dan Siti Hawa diciptakan, tuhan juga telah menyetel waktu dengan sebaik-baiknya, kita semua memiliki waktu 24 jam dalam sehari, tak ada beda. Bak kata pepatah ”Orang sukses tak lahir karena ijazah, namun kerja keras dan dedikasilah yang menjadikan mereka seperti hebat,” dan kita yakin bahwa semakin hebat seseorang tak lepas dari seringnya ia berlatih.

Jadi orang yang fokus pada satu hal hingga mahir itu lebih baik ketimbang orang yang bisa melakukan semuanya, atau dengan istilah lain multi talent. Kita mencontohkan seperti seorang devloper aplikasi, meskipun tidak dapat membuat “mie goreng Aceh”, menjahit dan banyak hal yang tidak mampu dilakukannya, namun kehebatannya dalam mengolah koding-koding/java script saja bisa mengantarkannya menjadi orang yang  dikenal oleh dunia.

Tentu saja ia mencurahkan waktunya kepada teknologi lebih banyak daripada yang tidak bermanfaat. Inilah definisi fokus. Tidak sedikit orang yang tak bisa hidup fokus karena cita-cita mereka yang kurang jelas. 

7. Mencari doa orang tua

Dalam agama mengatakan, orang tua merupakan yang paling menentukan nasib anaknya, sehingga kata-kata “mindset orang tua sangat perhubungan dengan keberhasilan seorang  anak” pun kian bertebaran di internet, namun yang ingin bahas bahas di sini lebih mengarah ke doa, artinya jika seseorang tak ada doa dari pada mami-papi maka jangan berharap untuk jadi sukses, mereka yang sukses rata-rata punya jalinan hubungan yang baik antar anak dan orangtua.

8. Meminta ridha guru



Salah jika kita menyepelekan seorang guru, dia juga berperan terhadap mereka yang telah sukses, Bagaimana tidak, mereka yang belajar dari kesalahan juga masih memerlukan seorang guru. Memang semua orang bisa sukses tanpa berguru, namun itu kapasitasnya hanya bisa dihitung jari. Mereka yang telah lama menuai sukses juga tak lepas kaitannya dari seorang yang mengajarinya.

Subscribe to receive free email updates: