Tips Hindari Emosi Saat Lapar Pada Bulan Puasa

Sumber foto: pixabay.com

Puasa, memang ada saja rintangan yang datang silih berganti saat bulan Ramadan, salah satunya tingkat emosional yang tidak stabil, memang menjaga hal tersebut perkara gampang-gampang susah.

Apalagi saat memasuki siang hari, semua orang akan cepat terpancing, terlebih jika lingkungan yang tidak mendukung, seperti banyak anak-anak yang ribut dan lain-lain.

Hal yang lumrah terjadi, bagi setiap orang yang merasakan haus dan lapar bisa membuatnya mudah tersulut emosi atau menjadi sangat sensitif. Walaupun begitu, selalu tersedia jalan keluarnya, Memang niat yang kuat adalah kunci untuk bisa bertahannya puasa seharian.

Jika sahabat lapar dan haus? Bisikkan pada diri sendiri, bahwa waktu berbuka hanya tinggal menghitung detik saja. Kenapa harus demikian? Hal Ini akan memberikan setamina buat Anda agar lebih bersemangat dalam menjalani ibadah puasa dengan meminimalisir emosi yang berlebihan.

Seperti kata orang, “Banyak jalan menuju masjid,” begitu juga dengan Anda, ada seribu cara yang bisa Anda lakukan dalam bulan suci untuk menahan lapar. Memang sudah menjadi hal umum, lapar saat puasa itu akan lebih gampang membuat seseorang menjadi sensitif bila tidak tahan.

Akan tetapi bagi Anda yang suka marah-marah saat menjalani ibadah satu bulan penuh ini jangan merasa khawatir lagi, kami akan membantu Anda menemukan solusi yang tepat, berikut Anda bisa membacanya:


1. Minta support dari orang terdekat Anda

Apabila sahabat agak kesulitan mengatasi emosi yang sedikit over, mintalah motivasi dan dukungan dari orang-orang di sekeliling Anda.

Bisa dari saudara, teman Anda atau juga mungkin pasangan kesayangan Anda. Karena biasanya jika orang di suntikkan motivasi atau dukungan akan merasa lebih bersemangat dan membuat hatinya damai.


2. Isi waktu dengan kesibukan yang Anda sukai

Banyak hal yang bisa Anda lakukan sebagai alternatif. Seperti menulis, membaca Al-quran, atau aktivitas lain yang biasa Anda praktekkan, cobalah untuk fokus melakukan aktivitas apa saja yang Anda sukai.

Isilah waktu luang Anda dengan suatu kegiatan yang bisa memberikan kenyamanan buat Anda. Dengan demikian, rasa marah akan segera pergi sebab Anda telah memfokuskan pikiran pada hal tersebut.


3. Jangan mendekati makanan

Nah ini jangan coba-coba untuk dilakukan, admin yakin jika ini terjadi, justru Anda akan menyantap habis makanan yang coba Anda dekati itu, ini hal yang wajar. Siapa yang tidak ingin melahap makanan jika sudah ada di depan mata.

Apalagi dengan warna dan tekstur yang sangat menggoda, aduh...sebaiknya tutup mata terus ya agar tidak digoda oleh makanan yang dapat membuat puasa Anda batal
Biasanya godaan itu datang secara tidak terduga, bahkan juga dari foto.


4. Ganti posisi Anda

Carilah posisi yang tidak membuat Anda mudah marah. Misalnya, saat berdiri, Anda merasa lapar dan gampang terpancing emosi, maka jangan tunggu lagi, segera mencari kursi dan duduklah, Anda merasa lapar dan mudah marah, cobalah untuk berbaring. Gantilah posisi yang bisa membuat Anda terhindar dari perasaan itu.


5. Jangan kalah sama anak kecil

Pada era Sokrates mungkin iya, anak-anak masih banyak yang belum berpuasa. Tapi sekarang, siswa Sekolah Dasar saja sudah mulai melakukan ibadah wajib ini sehari penuh.

Tentu akan malu bukan kalau kita kalah dengan kecil? Tapi tujuan puasa memang bukan untuk mengalahkan anak kecil, namun dengan kehadirannya anak kecil dalam ikut berpuasa satu hari penuh bisa menjadi motivasi untuk kita. Anak-anak saja bisa, masak kita tidak? Malu dong.

Hm... demikian saja informasi yang kami tampilkan untuk Anda hari ini, semoga puasa dan ibadahnya lancar dari hari pertama hingga tutupnya bulan Ramadan dan juga segala amal dan ibadah diterima di sisi Tuhan. Salam Habaportal.com

Subscribe to receive free email updates: