Bahaya Mengunakan Ponsel Saat Tidur


Tidak sedikit  hal yang dapat merugikan kita  jika terus melakukan rutinitas jelek seperti bermain smartphone pada saat mendekati jam tidur malam. Salah satunyanya adalah gangguan siklus tidur, badan kurang istirahat sampai meningkatkan resiko terkena penyakit.
"efek buruk menggunakan ponsel pada saat malam hari"
Foto: pexels.com
Menurut data National Sleep Foundation, pekerja kantoran serta remaja menempati peringkat paling atas akan resiko masalah tidur.

Khawatir bakal dampak dari pemakaian smartphone yang tidak ramah lingkungan, Dr. Martin Blank dari Departemen Fisiologi serta Seluler Biofisika Columbia University. Mereka menyatukan sekelompok tim untuk mengulas tuntas resiko penggunaan ponsel serta piranti nirkabel yang lain dengan PBB.

Baca juga: Atasi Sembelit saat Hamil dengan Konsumsi Buah ini

Mereka juga mengeluarkan pendapat, bahwasanay  kalau piranti nirkabel bisa memancarkan radiasi yang menyebabkan tumor serta kanker dalam jangka panjang. Piranti itu juga akan menyebabkan candu bagi anak-anak usia dini.

Untuk menjauhkan hal itu, mereka merekomendasikan beberapa panduan aman memakai smartphone seperti diberitakan Dailyhealthpost:

1. Jauhi penggunaan sebelumnya tidur 

Kurangi pemakaian piranti elektronik minimal 2 jam sebelum tidur. Langkah tersebut bisa meminimalkan resiko hormon melatonin menyusut dan akan membahayakan kesehatan Anda.

2. Berolahraga malam 

Berolahraga malam bisa mengalihkan hasrat untuk memakai piranti elektronik. Bisa dengan lari-lari kecil atau juga kesibukan lain seperti mandi sebelum tidur atau membaca buku apa saja lebih dianjurkan.

3. Menguduh aplikasi filter merah 

Beruntung bagi pemakai smartphone yang telah ada feature filter merah. Atau download aplikasi filter merah, lalu aktifkan waktu sore sampai malam untuk menurunkan kecerahan monitor.

4. Jauhkan segala piranti mendekati tidur 

Nah, pada saat anda hendak mengambil waktu istirahat malam, supaya lebih aman jauhkan semua piranti elektronik dari temapat tidur Anda. Hal ini gunanya untuk menghindari terkena paparan sinar radiasi yang dipancarkan oleh hp, apalagi hp yang sangat tidak ramah lingkungan.

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates: