6 Cara Menjaga Rambut Sehat Sepanjang Waktu

Tak beda dengan kulit, rambut juga memiliki peran penting dalam kehidupan Anda, khususnya kaum wanita. Banyak orang bukan hanya melihat kecantikan kulit, tapi juga kesehatan rambut.
rambut indah

Seberapa sering Anda merawat rambut dengan memakai alat? Atau Anda melakukan pewarnaan rambut? Kerusakan rambut adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, bila tidak melakukan perawatan yang benar.

Dikutip dari bustle.com, Jumat (28/4/2017), berikut ini adalah rahasia menjaga rambut tetap sehat sepanjang waktu. Penasaran?

1.Pakailah  masker rambut secara teratur

Rambut kering punya banyak bentuk, namun yang paling umum adalah kaku. Jika Anda memiliki rambut kering, cobalah untuk menggunakan masker rambut secara teratur.

Anda bisa menghancurkan alpukat matang dengan garpu, menambahkan seperempat sendok teh minyak zaitun, dan campurkan hingga merata. Oleskan campuran ini ke seluruh rambut yang baru saja dicuci, diamkan selama 20 menit, dan bilas hingga bersih.

Cobalah praktekkan hal ini di malam hari, sekali dalam seminggu, diikuti dengan mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner di pagi hari. Tambahkan juga rutinitas minum jus alpukat.

2. Lindungi rambut kamu

Anda tak akan datang ke pantai, tanpa mengaplikasikan tabir surya di kulit, bukan? Sama halnya dengan rambut yang membutuhkan perlindungan.

Baca juga: Rambutmu Keriting? Begini Cara Merawatnya

Sinar matahari mampu mengeringkan dan memudarkan warna rambut. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut adalah dengan menggunakan topi jika beraktivitas di luar ruangan.

3. Jangan terlalu kerap menguncir rambut

Terlalu sering menguncir rambut dapat menyebabkan kerusakan dan melemahkan elastisitas, apalagi dalam cara yang sama setiap  harinya. Jika Anda memang harus menguncir rambut, cobalah memakai gaya berbeda.

4. Aplikasikan minyak kering

Minyak kering juga bisa digunakan untuk merawat rambut Anda. Fokus pada ujung rambut yang kering.

5. Makan-makanan yang berguna untuk rambut

Makanan sehat bagi rambut merupakan yang mengandung banyak protein. Protein sangat penting bagi kesehatan serta pertumbuhan rambut.

Selain protein, makanan laut juga kaya nutrisi, seperti zat besi, yodium, seng, dan selenium yang baik bagi rambut. Nah, usahakan rambut Anda mendapatkan nutrisi yang mencukupi.

6. Selalu gunakan pelindung rambut dari panas

Pengering rambut adalah penyebab utama dari lemahnya setiap helai dan kerusakan rambut. Jadi, sebelum mengeringkan rambut, gunakan krim protector, dan topi atau payung untuk melindungi rambut dari paparan panas untuk mencegah kerusakan.

Subscribe to receive free email updates: