Seiring dengan berjalannya waktu kian banyak
orang-orang sukses yang lahir, baik di usia muda maupun tua. Dan tentunya ada yang bekerja dengan mudah mencari duit di internet dengan berjualan on-line ataupun usah jenis lainnya.
Hal ini menunjukkan bahwa prospek bisnis on-line di
Indonesia tidak pernah ada matinya. Kekuatan seorang dalam mengintip tiap-tiap
kesempatan yang ada menjadi hal yang utaman apabila ingin berhasil dari usaha
yang dibangun itu.
Pada kesempatan kali ini, Habaportal.com akan
memberikan ulasan tentang kisah sukses seorang gadis imuet dan kecil yang
sukses di dunia bisnis on-line, gadis cilik itu bernama Shinta Chandriani.
Pertama kalinya ia menjual beberapa produk fashion
secara online, Lalu bagaimana kisah sukses Shinta hingga bisa meraup uang
jutaan rupiah? Simak ceritanya berikut ini:
Mulai
sejak masih duduk di bangku sekolah
sudah mulai berjualan
Saat ditanya alasan kanapa menggerakkan usaha
on-line, Gadis cantik kelahiran Jakarta, 7 Oktober 1996 itu mengatakan, bahwa ia
sudah mulai berjualan sejak sekolah SD, walaupun pada saat itu keuntungan yang
didapatkannya belum jelas, tetapi karena ia memiliki jiwa dagang yang kental dalam dirinya, hingga
saat ini masih bertahan.
Seiring bergulirnya waktu, ia mulai berjualan dengan
memanfaatkan kecanggihan internet atau on-line. Wanita itu juga mengungkapkan,
berjualan di dunia maya itu memiliki daya tarik dan tantangan sendiri.
Untuk berjualan on-line, gadis yang akrap disapa Shinta
itu kerap memanfaatkan fasilitas media sosial untuk proses jual beli. Jika
dulunya dia sering memakai Facebook, saat ini ia sudah menambahkan media
sosial sebagaia sarana untuk promosi dan jualan, yaitu Instagram. Alasan
pastinya karena media tersebut ramai pemakai.
Produk yang ia jual adalah
segala jenis aksesoris dan fashion. Khusus masalah akssesoris, ia menjelaskan
kalau dirinya sudah sangat lama. Shinta juga berjualan
pakaian, sandal atau fashion-fashion wanita yang lain.
Dirinya memilih tipe
product ini untuk diperjualbelikan lantaran semakin meningkatnya wanita yang
tertarik menggunakan fahion. Ia juga menambahkan, usaha fashion wanita itu tak ada
ending-nya, semakin hari bakal bertambah peminatnya.
Kendala yang ditemui dalam menjalankan usaha
Kendala dalam menggerakkan usaha pada umumnya
menurut dia sama juga dengan yang dialami oleh orang lain. Shinta menerangkan
kesulitannya yaitu dalam mencari calon customer yang betul-betul menginginkan
untuk membeli produknya.
Memang dirinya bisa memaklumi, lantaran
biasanya para pembeli banyak yang kecewa dengan sebagian toko online, hal
inilah yang menjadi sebab utama costumer tidak sembarangan membeli.
Panduan Memulai Usaha Dari Shinta Chandriani
Untuk rekan-rekan yang ingin membuka usaha online seperti dirinya, dia menyarankan mengawali dari yang
kecil-kecil saja dahulu, perlahan latihlah serta tekuni beragam
pengetahuan seperti tujuan pasar, survey pasar, atau product apa yang bakal
kita jual.
"Lalu saat kita telah mengawali usaha, utamakan service pada customer
yang ramah serta sopan. Service pada customer itu begitu utama, oleh karena itu
kita mesti pintar melindungi mood kita saat melakukan usaha," pungkas dia.