10 Khasiat Beras Perang Harus Anda Ketahui


Beras perang merupakan jenis beras yang kurang diproses dan mengandung gizi tinggi. Dengan menggantikan beras biasa, beras itu mampu memberikan manfaat untuk setiap daerah.

Meskipun ada kekurangan, yaitu saat memasaknya, tapi beras ini mengandung gizi yang tak tanggung-tanggung.

Beras itu menjadi makanan pokok yang baik sebagai sumber karbohidrat yang sehat karena mengandung nutrisi seperti vitamin B, fosfor, selenium, magnesium dan kalium.

Beras itu juga sebagai sumber serat yang baik dan memiliki rasa yang lezat dan bertekstur lembut, namun apa saja kandungan dalam beras perang itu, berikut penjelasannya:

1. Mengurangi risiko kanker usus besar

Beras perang memiliki selenium yang tinggi, dan juga terdapat fenol alami di dalamnya yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Kandungan fenol alami dalam beras itu ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan beras biasa. Sementara, kandungan seratnya yang tinggi akan memberikan manfaat untuk usus sehat.

2. Mencegah penyakit jantung

Mengkonsumsi beras ini dalam jumlah yang banyak dapat membantu dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Hal ini karena terdapat kandungan serat yang tinggi di dalamnya.

Penelitian menunjukkan, lapisan jaringan yang ada pada beras perang dapat mengurangi tingkat protein Angiotensin II yang diketahui untuk meningkatkan tekanan darah.

3. Mencegah kanker payudara

Pytonutrient Lignin yang terdapat dalam beras perang bida membantu untuk membunuh sel-sel kanker payudara.

4. Mengurangi kolesterol

Salah satu kelebihan yang terdapat dalam beras perang adalah mampu mengurangi tingkat kolesterol jahat atau LDL kolesterol dalam darah.

Baca juga: 7 Rambu Peringatan Unik dan Lucu di Aceh, Bikin Gak Bisa Nahan Tawa

Penelitian juga membuktikan, ekstrak minyak yang ada dalam beras perang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi, tetapi juga meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

5. Menjaga keseimbangan berat badan

Mengkonsumsi beras perang baik untuk anda yang ingin berat badan seimbang, beras tersebut akan membuat seseorang tidak lapar sehingga baik untuk yang lagi menjalankan program diet.

Hal ini juga akan mengurangi nafsu anda untuk makan yang manis-manis. Artinya dengan Anda makan beras itu akan mempertahankan berat badan anda dari waktu ke waktu.

6. Melancarkan pencernaan

Manfaat beras ini juga akan melancarkan baung air besar Anda, ia akan menyerap air dalam usus yang akan melancarkan pembuangan Anda dan mencegah sembelit.

7. Mencegah batu empedu

Menurut penelitian yang telah dilakukan di Amerika dalam jurnal Gastroenterologi, bahwa serat yang terkandung dalam beras perang dapat berfungsi untuk mengurangi risiko terkena batu empedu pada wanita.

8. Mengontrol kadar gula dalam darah

Beras perang akan membantu proses pencernaan karbohidrat lebih lambat daripada makan beras biasa.

Hal ini bertujuan untuk mengontrol pengeluaran gula dalam darah dan ditambah lagi dengan adanya kandungan gilcemic index (GI) yang lebih rendah sehinga baik untuk mengurangi kadar gula.

9. Baik untuk makanan bayi

Beras dalam bentuk butiran itu sendiri menjadi makanan untuk anak bayi yang sangat baik karena karean kandungan nutrisi dan serat yang tinggi. Hal ini telah menjadi alternatif yang baik dibandingakan dengan beras biasa.

10. Baik untuk tulang

Kandungan magnesium yang tinggi akan menjadi kunci tulang sehat, magnesium itu sendiri berperan dalam mengurangi terjadinya osteoporosis di masa yang akan datang
Satu cangkir beras berisi 20 persen magnesium untuk kebutuhan sehari-hari Anda.

Baca juga: Pria Tampan yang Kerja di Foto-Copy Darussalam Ini Bikin Cewek Gagal Fokus Lo


Subscribe to receive free email updates: