Manfaat Tak Terduga dari Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah salah satu tanaman yang sudah sangat poppuler sejak beberapa ratus tahun silam, dibalik kesegarannnya menyimpan seribu khasiat untuk kesehatan tubuh.
"lidah buaya untuk kesehatan"
Tanaman untukjuga dikenal dengan sebutan aloe vera, tanaman ini terbukti bisa mengobati banyak sekali penyakit kulitserta efisien sebagai obat pencahar.

Bersamaan dengan perubahan jaman, lidah buaya semakin diakui sebagai obat tradisional yang dapat mengatasi beberapa situasi penyakit.

Bagian-bagian lidah buaya yang dapat digunakan yakni gel serta lateks. Gel didapat dari beberapa sel yang ada pada bagian tengah kulit lidah buaya, sesaat lateks didapat dari beberapa sel yang tepat ada di bawah susunan kulit lidah buaya.

Sebagai obat, gel lidah buaya yang berwarna bening seperti cermat ini kerap dipakai sebagai salep,cream, losion dan masih banyak lagi. Lateks sendiri dapat di proses untuk membuat beberapa zat kering, misalnya suplemen. Namun ada juga obat yang menggunakan keduanya. Untuk prosuk olahan, banyak yang tealh mendapat izin dari badan POM.

Baca juga: Apa Penyebab Bau Mulut Pada Anak dan Cara Mengatasinya?

Tidak hanya dibuat sebagai obat-obatan, lidah buaya juga sering digunakan orang-orang dalam keadaan masih alami. Beberapa wanita biasa memanfaatkan lidah buaya ini untuk merawat rambut. Lantaran, lidah buaya diyakini dapat menyulap rambut yang rusak menjadi halus dan cantik merona.

Lalu, apa saja manfaat lidah buaya lainnya dalam dunia kesehatan dan kecantikan? Ayo kita simak bareng-bareng:

Manfaat daun tumbuhan lidah buaya secara ilmiah

Orang-orang memakai lidah buaya untuk menangani beragam kondisi. Tetapi dengan cara ilmiah, khasiatnya baru dapat menyembuhkan empat keadaan berikut ini, itu juga dengan statusnya yang masih mungkin.
 
Gatal serta ruam pada mulut serta kulit. Menurut sebuah riset yang telah dilakukan, berkumur memakai obat kumur yang memiliki kandungan lidah buaya selama tiga kali satu hari selama 3 bulan, mampu mengurangi rasa  gatal serta ruam pada mulut.

Hal yang sama berlaku bila menerapkan gel mengandung lidah buaya sejumlah 2 x satu hari selama 2 bulan pada kulit.
 
Konstipasi. Lateks lidah buaya memiliki kandungan bahan kimia yang efisien sebagai obat pencahar. Tetapi pemakaiannya dapat juga mengakibatkan efek samping diare.
 
Cold sore atau luka pada bibir akibat virus herpes. Sebagian riset membuktikan kalau memoleskan cream dengan ekstrak lidah buaya 0, 5 % selama tiga kali satu hari, dapat mempercepat sistem pengobatan luka akibat virus herpes simpleks.

Psoriasis. Pemakaian cream dengan kandungan lidah buaya sekitaran 0, 5 % selama 1-2 bln. dapat meredakan psoriasis. Namun hasil itu tak akan nampakbila cuma menggunakan gel lidah buaya.

Untuk beberapa keadaan berikut ini, diperlukan riset selanjutnya untuk mengetahui apakah lidah buaya efisien sebagai obat.

Plak gigi.
Obat nyamuk.
Pengobatan luka seperti luka bakar.
Radang gusi.
Ketombe.
Kulit kering.

Ruam popok.
Luka akibat berbaring sangat lama ditempat tidur.
Radang dingin.
Peradangan di mulut.

Efek samping lidah buaya

Pemakaian gel lidah buaya pada kulit nampaknya aman. Walau sekian, sesekali gel lidah buaya dapat juga membuat kulit jadi terbakar serta gatal-gatal.
 
Tak seperti gel, konsumsi lateks lidah buaya dengan dosis tinggi berpotensi mengakibatkan sakit perut serta kram. Bukan sekedar itu, konsumsi lateks lidah buaya dalam waktu yang panjang dapat juga mengakibatkan diare, penurunan berat tubuh, permasalahan ginjal, kekurangan otot, darah dalam urin, serta masalah jantung.

Tetap baca terlebih dulu info yang tercantum pada paket product lidah buaya saat sebelum mulai memakainya. Ikuti ketentuan penggunaan serta hubungi dokter bila Anda ragu.

Tak semua orang bisa mengkonsumsi lidah buaya
 
Sebaiknya produk lidah buaya jangan asal dikonsumsi. Bacalah info pada  bacalah petunjuk pada kemasannya terlebih dahulu. Ada beberapa orang yang sebaiknya tidak mengkonsumsi lidah buaya lantaran alasan keamanan

Terutama anak-anak yang masih di bawah 12 tahun, kerena dapat mengakibatkan sakit perut, kram, atau diare usai mengkonsumsi product lidah buaya. Jadi baiknya jauhi pemakaiannya pada anak-anak yang masih berumur dibawah 12 tahun.

Ibu hamil serta menyusui. Ada laporan yang menyebutkan kaitan lidah buaya dengan keguguran serta resiko melahirkan bayi dalam kondisi yang cacat. guna menjaga, kami menyaranakn ibu-ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi lidah buaya.

Mau operasi. Lidah buaya bisa merubah kandungan gula darah serta bisa mengganggu kandungan gula darah selama serta sesudah operasi. Jadi hentikan konsumsi lidah buaya, sekurang-kurangnya dua minggu sebelum operasi.
 
Pasien wasir. Anda dapat menjadi memperburuk keadaan sendiri bila konsumsi lidah buaya, terutama lateks, kala menanggung derita wasir.
Penyakit ginjal. Konsumsi lateks lidah buaya terlalu berlebih juga dikaitkannya dengan tidak berhasil ginjal.

Oleh karenanya, untuk menghindar penyakit ginjal Anda jadi tambah kronis, jauhi konsumsi zat itu.
Mempunyai permasalahan usus. Lateks lidah buaya punya potensi mengiritasi usus.
 
Hati-hatilah sebelumnya menerapkan atau konsumsi beberapa bahan alami, termasuk juga lidah buaya. Beberapa bahan alami memanglah aman, tetapi tak semua demikian terlebih sesudah diolah.

Ada beberapa kelompok yang dilarang untuk mengkonsumsinya. Jadi cari tahu informasi sebanyak mungkin sebelum menerapkan atau konsumsi suatu hal.

Subscribe to receive free email updates: