Aneh, Warga di Desa Ini Meminta Hujan dengan Mengawinkan Kodok

ritual aneh

Habaportal.com - Kemarau yang berkepanjangan, hujan pun  tak kunjung turun, penduduk di salah satu kampung di India ini mengadakan upacara adat ini bertujuan meminta hujan, ritual ini diadakan di Desa Dibrugarh, Assam, India.

Dengan membuat acara ini, mereka berharap agar dewa hujan berbaik hati dan menurunkan hujan untuk mereka.

“Kami mengawinkan seokor katak untuk melunakkan hati dewa hujan,” ujar salah satu warga seperti dikutip dari senantiasapanas.com, Sabtu, 30/07/2016.


Ritual ini berawal dari menangkap seekor kodok jantan  dan betina dari dua kampung yang berbeda. Sebelum perkawinan dilakukan mereka juga harus benar-benar mamastikan bahwa katak yang ingin dikawinkan itu benar dari kampung yang tidak sama, dengan tujuan dewa hujan akan segera mengakhiri musim kering mereka.

Anehnya, pada acara perkawinan katak itu, mereka mengundang tamu dari desa tetangga, biasanya empat kampung, perkawinan itu sendiri berlangsung selama enam jam, cukup lama sekali untuk sebuah perkawinan.

Sepasang katak yang terpilih akan dihias dengan warna-warna yang tradisional dan menarik. Bahkan, penduduk desa memberikan seutas rantai emas untuk katak betina, benar-benar seperti manusia.

ritual aneh


Paromita Gogoi, salah satu orang yang berpartisipasi dalam upacara ini, ia mengungkapkan bahwa doa-doa itu secara khusus dibaca oleh para pemimpin agama yang bertugas memimpin upacara itu. Menurutnya lagi, ritual ini sangat unik dan menyenangkan untuk dilaksanakan.

Setelah upacara selesai, sepasang katak dibawa ke kolam kecil terdekat dan dilepaskan. Setelah katak dilepaskan ke dalam kolam, para penduduk menikmati makan malam dan tak kurang ada 900 hidangan lebih makanan yang dihidangkan.

ritual aneh

Mereka melepaskan sepasang katak tersebut agar bisa menjalani kehidupan dan menyampaikan pesannya kepada dewa hujan.

"Ritual ini dilangsungkan sebagai usaha terakhir dan syukurlah, permohonan kami terkabul," kata Paromita.

Subscribe to receive free email updates: