Tips Ampuh Mengatasi Insomnia

"cara aman atasi insomnia"Tidur adalah bagian yang utama untuk melindungi stabilitas kesehatan seorang. Namun, tidur untuk beberapa orang bukanlah hal yang gampang. Ada diantara kita yang susah tertidur, kerap terbangun saat tidur, atau cuma dapat tidur sebentar-sebentar.

Beragam masalah tidur itu di kenal dengan istilah insomnia. Nyaris tiap-tiap orang pernah mengalami permasalahan susah tidur.

Banyak hal yang dapat membuat ini semua terjadi, diantaranya: stres, nyeri di tempat tertentu, atau lantaran mengonsumsi banyak alkohol dan juga kafein. Bila hanya sesekali, insomnia tak mengakibatkan masalah,akan tetapi bila terjadi berkali-kali serta kurun waktu lama, hal ini akan memberikan dampak yang tidak baik.

Insomnia bukan sekedar memengaruhi kadar energi serta suasana hati, tetapi akan berdampak pada kesehatan umum. Karena, tidur bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Nah bial kurang tidur, bukan sekedar menyebabkan masalah daya tahan tubuh saja, namun juga konsentrasi.

Hal ini juga akan mengakibatkan kecelakaan bila Anda menendarai kendaraan atau jika Anda bekerja dengan mengguankan alat berat atau mesin.

Sehubungan degnan itu, kami dengan sengaja telah menyiapkan beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengeatasi masalah insomnia yang menggoroti Anda:

Mengatur jadwal tidur

Upayakan untuk mulai tertidur serta bangun pada pukul yang sama, lakukan tiap hari seperti ini, termasuk juga di akhir minggu. Bila Anda punya kebiasaan tidur pada pukul tertentu, kebiasaan yang sama juga bakal nampak malam selanjutnya.

Jauhi hasrat untuk tidur

Makin keras usaha anda untuk tidur, semakin membuat Anda jadi semakin terbangun. Membaca majalah, buku atau melihat tv bisa bikin anda mengantuk serta selanjutnya akan tertidur. Minum secangkir air hangat sebelum tidur dapat membuat Anda mudah untuk tidur.

Hindari alkohol, kafein dan nikotin

Mengkonsumsi kafein, merokok  dapat mengganggu tidur Anda. Teh, soda, cokelat termasuk juga dalam daftar makanan yang memiliki kandungan cafein. Diluar itu, sebagian jenis obat juga memiliki kandungan zat yang membuat system badan lebih aktif, dan pada akhirnya membuat Anda susah untuk tidur

Cermati makanan

Usahakan untuk memperbanyak makanan yang baik, seperti daging, keju, susu, atau ikan. Makanan itu memiliki kandungan tryptophan, yakni jenis asam lemak yang membuahkan serotonin serta mengendurkan syaraf pada pusat otak.

Nyaman nomor satu

Untuk masalah tidur, kenyamanan adalah hal yang paling utama. Pastikan juga ranjang yang anda gunakan masih memilki per yang baik, kebersihan bantal dan sprei harus terjaga. Memutar  musik yang lembut sebagai pengantar tidur akan sangat membantu Anda.

Baca juga: Hati-Hati dengan Gigi Ngilu, Baca 3 Efek Ini 

Nada yang dapat mengganggu tidur sebaiknya dikurangi, contohnya kipas angin, pintu atau nada yang mengganggu lainnya. Sebaiknya Anda jangan terlalu banyak minum hingga akan membuat Anda pengen kencing

Matikan lampu

Ini termasuk poin yang sangat krusial. Cahaya lampu akan membuat otak menerima pesan sebagai sinyal untuk terus terbangun. Tak hanya itu, singkirkan jam dari pandangan Anda. Menjauhi jam diketahui sangatefisien membantu orang tertidur sampai 90%.

Namun perlu diingat, bila insomnia yang anda alami itu sudah menahun, sebaiknya segera menjumpai dokter dan konsultasikan.

Subscribe to receive free email updates: