Begini Cara Baca Do'a Buka dan Niat Puasa yang Benar

Yups teman-teman sekalian yang kami muliakan, apa kabar kalian semua, pasti pada sehat-sehat aja kan, senandung kemenangan Ramadhan telah lama kita cium dan akhirnya kini kita merasakan bulan yang penuh berkah itu, yakni Bulan Suci Ramadan, di mana pada bulan ini semua umat Islam dari berbagai penjuru dunia akan melakasanakan salah satu perintah wajib dari Allah, yaitu menahan lapar (Puasa ramadhan).
"cara berdoa buka puasa"

Tentunya dalam melaksanakan ibadah ini ada syarat-sayarat khusus yang diwajibkan untuk kita ketahui, apa saja yang dapat membuat pahla puasa hilang dan  bahkan kegiatan yang tak boleh dilakukan yang bisa berakibat batalnya puasa.

Baca: Cara Niat Puasa Ramadhan yang Benar Menurut Islam

Salah satu hal sakral yang tidak boleh kita lupakan dalam berpuasa adalah membaca do'a saat tibanya waktu berbuka, setelah kami explore di internet ternyata tak sedikit dari saudara seiman kita yang belum mengerti atau sebagian lupa bagaimana cara membacakan do'a berbuka puasa.

Dengan demikian agar lebih menghemat waktu teman-teman, yuk simak do'a berbuka puasa yang benar seperti yang telah kami rilis berikut ini:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Bacaan dalam huruf latin

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN


Maknanya: 
Ya Allah kerana-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa, dengan rahmat-MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Kapan do'a ini di baca?

Oke barangkali ada yang masih bingung, doa ini dibaca saat hendak berbuka puasa,

Apakah puasa kita sah jika tak membaca doa saat berbuka?

Terkait hal ini banyak teman-teman kita yang juga belum paham, sebenarnya bacaan doa buka puasa adalah sunat, sebab kita mengikuti Nabi Muhammad, beliau semasa hidupnya saat hendak membuka puasa selalu diawali dengan do'a. Namun jika Anda tidak melakukan niat puasa, baik lupa atau sengaja itu lain cerita, itu tidak sah puasanya menurut ajaran Islam. Niat yang benar adalah dalam hati bukan dibaca seperti doa berbuka.

Ada perbedaan yang cakup jauh antara doa dan niat ya teman-teman, ini saja yang telah kami rilis, semoga puasa teman-teman dikabulkan oleh Allah, amin.

Subscribe to receive free email updates: