Alasan Mengapa Rasulullah SAW Melarang Minum Sambil Berdiri

Orang Islam ketika memasuki bulan maulid akan senang dan merasakan bahagia, namun pada bulan itu juga banyak ustad yang membahas masalah suri tauladan nabi pada saat dakwah, disini kita bakal mengulas Sunnah Rasullah terkait minum sembari berdiri.

"minuman teh paling enak"

Dalam hadis, Rasullah melarang umatnya untuk minum sembari berdiri. Dalam hadis, “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melarang seorang minum sembari berdiri. ” Qotadah berkata, “Bagaimana dengan makan? ” Beliau menjawab : “Itu lebih jelek lagi. ” (HR. Muslim serta Tirmidzi).

Baca juga: 4 Nasehat Bijak Ali bin Abi Thalib

Hadis yang lain mengatakan yang artinya, 
 “Jangan kalian minum sembari berdiri, Jika kalian lupa, jadi sebaiknya ia muntahkan. ” (HR. Muslim). Secara ilmiah, nyatanya minum sembari berdiri bisa beresiko tidak baik untuk kesehatan seperti yang disebutkan dalam hadis. Berikut argumen minum sembari berdiri jelek untuk kesehatan yang diambil dari Vorply :

1. Tidak bagus untuk kesehatan ginjal 

Anda mesti minum air selalu dalam posisi duduk, seperti Sunnah Rasullah. Dikarenakan, minum air duduk yaitu posisi paling baik untuk ginjal Anda berfungsi dengan benar.

2. Kemelut saraf 

bukan perkara mudah untuk mengetahui apa penyebabnya kemelut saraf. Namun demikian, bila Anda senantiasa minum air tergesa-gesa sembari berdiri, mungkin saja ini adalah salah satu alasannya.

3. Mengacaukan keseimbangan cairan 

Minum air sembari berdiri dapat juga mengacaukan keseimbangan cairan badan. Hal semacam ini selanjutnya bisa mempengaruhi daerah sendi, bahkan juga mengakibatkan arthritis dalam periode panjang.

4. Mengakibatkan hiponatremia 

Saat Anda minum air seraya berdiri, jadi Anda tak akan bisa merasakan kenikmatan dari minum itu. Maknyanya, Anda bakal minum lebih dari yang betul-betul diperlukan pada satu saat. Ingat, minum sangat banyak air bisa saja mengakibatkan gejala hiponatremia, yakni berkurangnya kandungan natrium dalam darah.

5. Masalah pencernaan

Apabila Anda minum air sembari berdiri, jadi Anda dapat mengalami sebagian masalah pencernaan nantinya. Saat air masuk ke dalam tubuh,  segera memercikan dinding perut Anda, yang dapat membuat mengacaukan sistem pencernaan. Karenanya, Rasullah tidak menganjurkan untuk minum sembari berdiri
.
6. Memuaskan dahaga 

Minum air sembari duduk bakal memuaskan dahaga Anda, lantaran mencegah air masuk segera lewat tenggorokan. Hal ini dapat berperan agar system pencernaan bakal memprosesnya lebih gampang.

Baca juga: Meugang, Ujian Berat bagi Para Menantu Muda di Aceh

Subscribe to receive free email updates: